Kewarganegaraan Pertemuan 1
Kewarganegaraan Pertemuan 1
1. Salah satu kontribusi ilmu politik terhadap pembelajaran PKn adalah kemampuan (skill) dalam...
○ Membuat kesimpulan
○ Membuat keputusan
○ Pemecahan masalah krusial
○ Menciptakan masalah actual
○ Membuat saran
Jawaban : Membuat keputusan
2. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu Cinta kepada Tanah-Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa :
○ Berani karena benar takut karena salah
○ Patah tumbuh hilang berganti
○ Tak kenal maka tak cinta
○ Berat sama dipikul ringan sama dijinjing
○ Tak ada gading yang tak retak
Jawaban : Tak kenal maka tak cinta
3. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal :
○ Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
○ Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
○ Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
○ Pasal 32 ayat 2 dan pasal 32 ayat 2
○ Pasal 33 ayat 1 dan pasal 32 ayat 1
Jawaban : Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
4. Penyelenggaraan pembelajaran PKn di tiap satuan pendidikan formal merupakan dimensi PKn sebagai...
○ Program sosial kultural
○ Program kurikuler
○ Program akademik
○ Program pendidikan birokrat
○ Program stuktural
Jawaban : Program kurikuler
5. Dilihat dariasal-usulnya pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dariilmu politik terutama dari istilah...
○ Contemporary politic
○ Political democracy
○ Political party
○ Political organization
○ Political politic
Jawaban : Political democracy
6. Domain Individu mempunyai Kepribadian, daerah punya masyarakat dan negara mempunyai...
○ Individu
○ Masyarakat
○ Bangsa
○ Daerah
○ Suku
Jawaban : Bangsa
7. Ciri norma hukum yang membedakan dari norma lainnya adalah...
○ Mengatur perilaku
○ Memaksa untuk tidak melakukan
○ Sanksi tegas dan nyata
○ Menertibkan perilaku
○ Tidak memaksa
Jawaban : Sanksi tegas dan nyata
8. Salah satu latar belakang Wasantara yaitu secara pisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatif manakala...
○ Pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri-feri
○ Pemerintah mengeksploitasi sumber daya alam secara optimal
○ Pemerintah perlu membangun system pertahanan yang kuat
○ Pembangunan nasional dilakukan secara merata
○ Pemerintah pusat dan daerah berdaulat
Jawaban : Pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri-feri
9. Berikut ini adalah termasuk contoh nilai etika dalam kehidupan sehari-hari, kecuali...
○ Mengendarai kendaraan disebelah kiri
○ Mengagumi keindahan bunga
○ Membayar pajak tepat waktu
○ Tidak melakukan perbuatan mencuri
○ Mengendarai sepeda ke tempat kerja
Jawaban : Mengagumi keindahan bunga
10.Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat. Makna dan hakekat yang terkandung didalamnya yaitu...
○ Berani membela bangsa dan Negara
○ Melaksanakan otonomi seluas-luasnya
○ Mengimpor bahan baku industry dari luar
○ Mengeksploitasi sumber daya alam
○ Tidak berani membela bangsa dan Negara
Jawaban : Berani membela bangsa dan Negara
NB : Bisa dishare dan di copy