Kewarganegaraan Pertemuan 1

Kewarganegaraan Pertemuan 1


1. Salah satu kontribusi ilmu politik terhadap pembelajaran PKn adalah kemampuan (skill) dalam...
○  Membuat kesimpulan
○  Membuat keputusan
○  Pemecahan masalah krusial
○  Menciptakan masalah actual
○  Membuat saran
Jawaban : Membuat keputusan

2. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu Cinta kepada Tanah-Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa :
○  Berani karena benar takut karena salah
○  Patah tumbuh hilang berganti
○  Tak kenal maka tak cinta
○  Berat sama dipikul ringan sama dijinjing
○  Tak ada gading yang tak retak
Jawaban : Tak kenal maka tak cinta

3. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal :
○  Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
○  Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
○  Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
○  Pasal 32 ayat 2 dan pasal 32 ayat 2
○  Pasal 33 ayat 1 dan pasal 32 ayat 1
Jawaban : Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1

4. Penyelenggaraan pembelajaran PKn di tiap satuan pendidikan formal merupakan dimensi PKn sebagai...
○  Program sosial kultural
○  Program kurikuler
○  Program akademik
○  Program pendidikan birokrat
○  Program stuktural
Jawaban : Program kurikuler

5. Dilihat dariasal-usulnya pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dariilmu politik terutama dari istilah...
○  Contemporary politic
○  Political democracy
○  Political party
○  Political organization
○  Political politic
Jawaban : Political democracy

6. Domain Individu mempunyai Kepribadian, daerah punya masyarakat dan negara mempunyai...
○  Individu
○  Masyarakat
○  Bangsa
○  Daerah
○  Suku
Jawaban : Bangsa

7. Ciri norma hukum yang membedakan dari norma lainnya adalah...
○  Mengatur perilaku
○  Memaksa untuk tidak melakukan
○  Sanksi tegas dan nyata
○  Menertibkan perilaku
○  Tidak memaksa
Jawaban : Sanksi tegas dan nyata

8. Salah satu latar belakang Wasantara yaitu secara pisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatif  manakala...
○  Pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri-feri
○  Pemerintah mengeksploitasi sumber daya alam secara optimal
○  Pemerintah perlu membangun system pertahanan yang kuat
○  Pembangunan nasional dilakukan secara merata
○  Pemerintah pusat dan daerah berdaulat
Jawaban : Pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri-feri

9. Berikut ini adalah termasuk contoh nilai etika dalam kehidupan sehari-hari, kecuali...
○  Mengendarai kendaraan disebelah kiri
○  Mengagumi keindahan bunga
○  Membayar pajak tepat waktu
○  Tidak melakukan perbuatan mencuri
○  Mengendarai sepeda ke tempat kerja
Jawaban : Mengagumi keindahan bunga

10.Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat. Makna dan hakekat yang terkandung  didalamnya yaitu...
○  Berani membela bangsa dan Negara
○  Melaksanakan otonomi seluas-luasnya
○  Mengimpor bahan baku industry dari luar
○  Mengeksploitasi sumber daya alam
○  Tidak berani membela bangsa dan Negara
Jawaban : Berani membela bangsa dan Negara

NB : Bisa dishare dan di copy