Hasil UAS Antara Galaw Dan Dilema

Liburan sambil menunggu hasil nilai dari perjuangan Semester I yang sangat dinanti-nantikan akhirnya terbalas sudah dengan beberapa rasa yang puas, kecewa serta rasa bercampur marah. Memang sangat berdebar menunggu hasil UAS apalagi hasilnya di gabung dengan hasil UTS, Absensi, Tugas dan UAS, yang memang pada akhirnya ada rasa kebanggaan dan rasa kekecewaan yang menghinggapi.
Apakah ini hasil saya? mungkin seperti itu pertanyaan yang terlintas di benak kalian semuanya, sambil mengoreksi diri sendiri bahkan sampai menyalahkan dosennya. Sangat menarik memang jika melihat hasil dari jerih payah kita sendiri selama satu semester ini. Tidak terbayangkan perjuangan selama Semester I ini terbayarkan dengan rasa puas dan kecewa mungkin pula ada yang puas dengan hasil yang dicapai semester ini.

Perolehan nilai sungguh sangat diluar dugaan apa yang di harapkan tak semestinya terjadi. Semua sudah terjadi tinggal bagaimana kita semua memperbaiki nilai sebelum-sebelumnya. Apalagi yang sekarang jadi bahan pembicaraan bukan lagi politik, artis atau sebagainya melainkan “Bagaimana supaya mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya”. Jawaban dari itu semua ada HER Mata Kuliah yang akan di ujikan kembali.
Kadang terheran-heran antara siapa yang salah tapi entahlah memang harus seperti ini, dan itupun harus di terima dengan ikhlas. Banyak rekan-rekan yang terkena HER ini mungkin sekitar 75% terkena HER di Semester I ini, dan itu sudah lumrah terjadi pada Mahassiswa-mahasiswa yang sekiranya kurang menguasai mata kuliah tersebut.
Ini salah saya, salah dosen atau salah input ke database nya seh?… Seperti ini rasanya memang pikiran mengumam terus menerus tanpa lelah mempertanyakan kinerja kita sendiri. Hasil besar mungkin puas tapi hasil mendapatkan kecil selalu di pertanyakan, kapan mau koreksi diri sendirinya ini mahasiswa. Koreksi pada diri sendiri merupakan metode agar kita bisa mengetahui seberapa bisanya kita terhadap satu mata kuliah tersebut menguasainya.
Untuk itu mari bersama-sama memperbaiki kesalahan yang sudah diperbuat pada semester I ini agar ke depannya menjadi lebih baik. Jangan mudah patah semangat karena nilai yang mendapatkan D atau E tetap berkaya dalam belajar demi meraih masa depan yang lebih baik lagi.

0 comments:

Silahkan Komentar